Selasa, 11 September 2012

Soal Tugas Analisis Proses Bisnis (Regular Class)



PT. Elektronika Kupang adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan tunai alat-alat elektronik. Semua transaksi di perusahaan ini di lakukan secara manual. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh bagian Penjualan dalam melakukan Transaksi penjualan dalam perusahaan:

      1.       Pemesanan Barang
Setiap kali Bagian Penjualan Barang akan menjual barangnya, ia selalu menerima surat pemesanan dari Pelanggan. Berdasarkan surat tersebut, bagian penjualan mencatat dan  merekamnya ke dalam Arsip Surat Pesanan. Berdasarkan arsip surat pesanan tersebut, bagian Penjualan membuatkan Faktur dan Surat Jalan yang dikirimkan kepada Pelanggan sebagai bukti bahwa barang yang dipesan sudah terealisasi dan rangkapnya disimpan sebagai Arsip Faktur dan Arsip Surat Jalan.

      2.       Pembuatan Kwitansi
Apabila Faktur dan Surat Jalan sudah sampai ke tangan Pelanggan, maka Pelanggan mengirimkan Uang Pembayaran yang kemudian oleh bagian Penjualan dibuatkan Kwitansi berdasarkan Arsip Faktur yang kemudian diserahkan kepada pelanggan sebagai bukti pembayaran dan arsipnya disimpan sebagai Arsip Kwitansi.

      3.       Pembuatan Laporan
Setiap Akhir bulan bagian penjualan akan membuat Laporan Penjualan berdasarkan Arsip Faktur dan Laporan Pesanan berdasarkan Arsip Surat Pesanan dan Laporan Pengiriman berdasarkan Arsip Surat Jalan yang ditujukan kepada Kepala Bagian Penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar