Selasa, 11 September 2012

Soal Tugas Analisis Proses Bisnis (Extension Class)



Koperasi Talenta adalah koperasi yang mengelola simpan-pinjam bagi anggotanya, berikut ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh Bagian Kredit dalam menangani pemberian pinjaman bagi para anggotanya:

  • Setiap kali bagian Kredit akan memberikan pinjaman kepeada Anggota, maka Anggota harus mengisi Formulir Permohonan Pinjaman yang berisi: Nomor FPP, Tanggal Permohonan, No. Anggota, Nama Anggota, Jumlah Permohonan, dan Keperluan. Kemudian oleh Bagian Kredit dicatat dan disimpan kedalam Arsip FPP. Berdasarkan Arsip FPP tersebut, Bagian Kredit membuat Bukti Pinjaman yang diberikan kepada Anggota yang berisi: Nomor BP, Tanggal BP, Nomor Anggota, Nama Anggota, Jumlah Realisasi, Lama Angsuran, Jumlah Angsuran, dan Bunga.

  • Setiap bulan, Anggota wajib membayar angsuran sejumlah Angsuran yang disepakati pada saat Pinjaman yang kemudian oleh Bagian Kredit dicatat dan direkam ke dalam Arsip Angsuran. Berdasarkan Arsip Angsuran tersebut, Bagian Kredit membuat Bukti Angsuran yang diberikan kepada Anggota berisi Nomor BA,  Tanggal BA, Nomor BP, Jumlah Angsuran dan Bunga.

  • Pada akhir bulan, bagian pinjaman selalu membuat Laporan Pinjaman dan Laporan Angsuran yang di berikan kepada Ketua Koperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar